by

Cara membuang/ Membuka paksa Pattern/PIN/Password Android

Pada saat ini kebanyakan orang pasti mempunyai handphone/gadget. Handphone yang pada beberapa tahun yang lalu hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, pada saat ini telah mulai menjamah fungsi lainnya, seperti permainan, penyimpanan, editing, atau bahkan sebagai remote. Ada kalanya keluarga/teman meminjam handphone/gadget kita, entah untuk komunikasi, bermain, atau cuma melihat-lihat isi galeri kita.

Setiap orang pasti mempunyai privasi, maka dari itu kita sering memakai fitur keamanan gadget dengan menggunakan pattern, pin, atau password. Terkadang kita lupa apa password yang telah kita setting di gadget kita, sehingga kita tidak dapat mengopersikannya. Untuk handphone/gadget android sebenarnya ada cara membukanya dengan bantuan android device manager & factory reset. Untuk android device manager kita diharuskan mengetahui akun google yang telah terhubung dengan gadget kita tadi. Sedangkan factory reset akan menghapus semua data yang ada. Maka dari itu apabila cara-cara tadi tidak bisa dilakukan atau ingin mencoba cara lain sebelum melakukan cara tersebut, pada tulisan ini saya akan membahas cara lain untuk membuka Pattern/PIN/Password gadget kita.

Perlu diingat cara yang saya tulis ini bertujuan untuk keperluan pribadi atau ada orang yang membutuhkan, bukan untuk tujuan kejahatan. Dan resiko kesalahan ditanggung sendiri. Sejauh ini saya berhasil menggunakan cara atau metode ini di handphone android merk samsung.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Install TWRP/CWM
  • Install Aroma File Manager
  • Mount folder /data
  • Masuk ke folder /data/system
  • Hapus file gesture.key untuk menghapus pattern, hapus file password.key untuk menghapus pin/password
  • Restart handphone kita

 

Kini android kita sudah tidak terkunci. Terima Kasih  🙂

Please follow and like us:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *