by

Cara Mendaftarkan SIM Card Untuk Semua Operator

Cara Mendaftarkan SIM Card Untuk Semua Operator – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mengeluarkan kebijakan untuk mendaftarkan kartu SIM (SIM Card) prabayar menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) yang valid, dan kebijakan ini bersifat wajib baik pemilik kartu SIM lama maupun baru.

Sebenarnya rencana untuk mendaftarkan SIM card menggunakan data sebenarnya sudah direncanakan dari tahun 2005. Namun ketika itu data kependudukan belum siap untuk digunakan sebagai acuan validasi. Dan baru siap dilaksanakan akhir-akhir ini karena juga saat ini hampir semua penduduk sudah memiliki KTP elektronik.

Tidak hanya di Indonesia, dari informasi yang didapat ada sekitar 90 negara yang juga mewajibkan pendaftaran SIM card dengan identitas yang valid. Salah satu tujuannya adalah agar SIM card tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Registrasi bisa menggunakan SMS, online, ataupun melalui gerai operator masing-masing. Bagi pemilik kartu lama dan pemilik kartu baru bisa mendaftar hanya dengan melihat di lembar Kartu Keluarga. Berikut cara mendaftarkan SIM card dengan SMS.

Untuk Pengguna Lama, format SMS seperti berikut :
  • Telkomsel: ULANGNIK#NomorKK# Kirim ke 4444
  • Indosat: ULANG#NIK#NomorKK# Kirim ke 4444
  • Tri: ULANG#NIK#NomorKK# Kirim ke 4444
  • XL/Axis: ULANG#NIK#NomorKK Kirim ke 4444
  • Smartfren: ULANG#NIK#NomorKK# Kirim ke 4444
Untuk Pengguna Baru, format SMS seperti berikut :
  • Telkomsel dengan mengetik REG#NIK#Nomor KK lalu kirim ke 4444.
  • Indosat, Smartfren, dan Tri ketik NIK#Nomor KK kirim ke 4444.
  • XL Axiata (XL dan Axis) ketik DAFTAR#NIK#Nomor KK dan kirim ke 4444.

Kominfo menyampaikan untuk mendaftarkan SIM card cukup dengan NIK dan Nomor KK, tidak memerlukan Nama Ibu Kandung. 

Dengan kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah, diharapkan bisa meningkatkan perlindungan data pribadi dan mengurangi modus-modus penipuan dengan menggunakan nomor kartu prabayar.

Sampai tulisan ini diposting, pendaftaran ulang masih bisa dilakukan sampai tanggal 30 April 2018. Untuk pengguna kartu baru tentu bisa langsung mendaftar tanpa merisaukan batasan waktu. Segera daftarkan kartu Anda sebelum dilakukan pemblokiran permanen !

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua 🙂

Please follow and like us:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed